CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Supported by

Minggu, 10 Mei 2009

I Believe I Can Fly

mungkin anda-anda semua udah ga asing lagi sama game PC yang judulnya "FLIGHT SIMULATOR"....yap game buatan microsoft ini emang game simulasi pesawat terbang, ditujukan supaya kita bisa belajar mengendarai pesawat terbang..tiap-tiap grafis yang di buat memang mewakili bentuk nyata dari panel-panel yang ada di kokpit pesawat terbang, jadi kita bisa ngerasain lingkungan yang mirip sama aslinya...tapi sebenarnya pesawat terbang tu apa sih? sapa sih orang kurang kerjaan yang berhasil nemuin cara supaya manusia bisa bepergian lewat udara alias terbang? trus gimana sih cara kerjanya sampe-sampe tu benda segede gaban bisa terbang?? Let's check this out!!

PESAWAT TERBANG ITU APA??

Pesawat terbang atau pesawat udara adalah mesin atau kendaraan apapun yang mampu terbang di atmosfer. Prinsip-prinsip terbangnya menggunakan hukum fisika yakni memanfaatkan hukum Bernoulli di udara dengan memanfaatkan arus laminair sayap yang dihasilkan akibat daya dorong mesin pesawat.

SEJARAH PESAWAT TERBANG

Pesawat terbang yang bisa tinggal landas sendiri (heavier than air) diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris (1910). Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara. Perkembangan teknologi pesawat terbang mencapai beberapa kemajuan selama kurang dari satu abad terlebih lagi ditemukannya teknologi tidak kasat radar.

GIMANA SIH CARA KERJANYA??

Cara kerja sayap pesawat terbang adalah dengan menerapkan hukum Bernoulli. Desain sayap pesawat dibuat melengkung bagian atas, agar kecepatan udara (relatif terhadap sayap pesawat) di bagia atas pesawat lebih besar daripada kecepatan udara di bawah pesawat.Udara yang lebih cepat mempunyai tekanan yang lebih kecil. Oleh karenanya, terjadi perbedaan tekanan udara antara bagian atas dan bawah pesawat (bawah pesawat lebih besar).Sehingga, pesawat bisa terangkat.

kira-kira seperti itulah..kenapa pesawat bisa terbang, mungkin besok-besok kalo kita semua sudah tau cara kerja pesawat terbang, kita bisa membuat pesawat terbang sendiri

0 Bloody comment..: