CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Supported by

Kamis, 30 April 2009

Musik sederhana dengan lirik penuh makna

haloo semua! sudah lama kita tak bersua! yaaa, memang saya sekarang sedang sibuk dengan dunia saya sendiri, dunia orang-orang yang sedang berada pada semester akhir dalam menempuh pendidikan mereka di perguruan tinggi...tapi tak apalah..yang penting saya masih bisa menyisakan waktu untuk berbagi pengalaman ataupun pengetahuan yang saya dapat..

beberapa bulan ini saya memang fokus pada tugas akhir kuliah saya, terkadang sampe kepala jadi penuh sama materi skripsi...bawaannya stress truss..beberapa kali saya coba dengan terapi musik supaya agak rileks...akhirnya memang membuahkan hasil, saya bisa sedikit rileks..tapi ada salah satu dari musik yang saya dengar malah membuat saya lebih banyak berfikir...

sebut saja dia Letto...ya! grup band dari jogja ini memang sedikit menyita perhatian saya, pasalnya musik-musik yang tercipta ternyata menyimpan banyak makna yang memang sangat duualaaaam sekali!..selama ini saya mengira letto adalah band yang mengusung tema cinta seperti band-band lain, tapi ternyata ini adalah sebuah grup nasyid modern..Waw!
beberapa lirik yang saya tangkap memang bermakna religi, seperti pada lagu sebelum cahaya, sandaran hati, dll! check this out!

Sebelum cahaya
Ku teringat hati yang bertabur mimpi
Kemana kau pergi cinta
Perjalanan sunyi yang kautempuh sendiri
Kuatkanlah hati cinta

Reff :
Ingatkah engkau kepada embun pagi bersahaja
Yang menemanimu sebelum cahaya
Ingatkah engkau kepada angin yang berhembus mesra
Yang kan membelaimu cinta

Kekuatan hati yang berpegang janji
Genggamlah tanganKu cinta
Ku tak akan pergi meninggalkanmu sendiri
Temani hatimu cinta

Back to reff

sapa yang ga kenal lagu ini?? saya yakin lagu ini sudah sering keluar masuk di telinga kita..hanya saja lagu ini ternyata mempunyai makna tersimpan yang hendak diutarakan oleh penciptanya..
mungkin seperti ini hasil analisanya :

Bait pertama lagu ini menunjukkan kalau Allah selalu mengawasi kita
Allah melihat kita yang sedang tidur tiba-tiba terbangun...
kita pergi untuk ambil air wudhu maka mengapa disana dituliskan kemana kau pergi...
kemudian kita menegakkan sholat malam, dalam kesunyian, sendiri ketika semua orang tengah terlelap ketika dingin sangat menusuk di tulang, ketika mata masih terkantuk-kantuk. Siapa yang sanggup untuk menjalankannya??

Butuh kekuatan hati untuk melaksanakan raka'at demi raka'at, lantunan ayat2 suci yang kita baca dan dzikir dengan penuh ketawadhuan. Inilah makna yang dia temukan dalam baris perjalanan sunyi yang kau tempuh sendiri,kuatkan hatimu cinta.

Bait kedua, Allah ingin menentramkan hati kita, Allah mengingatkan bahwa kita tidak sendiri dalam menjalankan sholat Lail, lihatlah ada embun pagi yang selalu menemani kita hingga fajar muncul dari ufuk timur dan rasakanlah sepoi-sepoi angin di sepertiga malam, yang dengan sangat lembut meniup.
Sungguh kita tidak sendiri saat sholat Lail ditegakkan.
Dan mereka inilah yang dapat kita jadikan saksi di akhirat kelak.

Bait ketiga menerangkan siapa yang punya tekad kuat tersebut?
Untuk menegakkan sholat malam setiap hari, setiap malam.
Dia adalah orang-orang yang selalu berpegang teguh pada janjinya terhadap Allah. Janjinya bahwa dia kan selalu menjadikan Allah sebagai Illah dalam hidupnya

SAndaran hati

Yakinkah ku berdiri, di hampa tanpa sepi
Bolehkah aku mendengarmu
Terkubur dalam emosi, tanpa bisa sembunyi
Aku dan nafasku merindukanmu

Terpurukku di sini, teraniaya sepi
Dan kutahu pasti kau menemani… yeah
Dalam hidupku, kesendirianku

Reff:
Teringat ku teringat, pada janjimu ku terikat
Hanya sekejap ku berdiri, kulakukan sepenuh hati
Tak peduli ku tak peduli, siang dan malam yang berganti
Sedihku ini tiada arti, jika kaulah sandaran hati

Kaulah sandaran hati
Inikah yang kau mau, benarkah ini janjimu
Hanya engkau yang ku tuju
Pegang erat tanganku, bimbing langkah kakiku

Aku hilang arah tanpa hadirmu, dalam gelapnya malam hariku

Kembali ke Reff:

dari lagu ini saya menyimpulkan bahwa lagu ini mengingatkan kita pada perintah sholat...Sholat yang menjadi arti penting disini merupakan sebuah sarana pendekatah kepada Allah, bait pertama pada reff mengandung arti bahwa Allah sudah berjanji akan memberikan tempat yang mulia bagi orang-orang yang menjaga sholatnya, bait kedua menceritakan bahwa sholat yang kita lakukan tidaklah menyita waktu hidup kita, bukankah Rasulullah pernah meminta keringanan pada Allah untuk mengurangi rakaat sholat dengan asumsi bahwa umat Beliau tidak sanggup melakukannya pada saat Rasulullah menerima perintah sholat langsung dari Allah..lalu mengapa kita terkadang tidak menghargai ini? sedangkan maksud kalimat sepenuh hati adalah khusyuk..khusyuk dalam sholat berguna untuk melatih otak dalam kondisi alfa sehingga dalam kondisi apapun kita terbiasa tenang dan dapat melatih sabar...coba bayangkan bila semua orang khusyuk...then no more war!...pada bait ketiga menceritakan bahwa sholat dilakukan semenjak mulainya hari sampai hari berakhir...tentunya sholat yang dilakukan 5 kali dalam sehari dapat membiasakan hati kita untuk selalu mengingat Allah...pada bait keempat mengandung arti bahwa sholat dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar...perbuatan-perbuatan seperti ini membuat kita kosong, hampa, selalu merasa kesusahan, bersedih, dll namun ini tidaklah berarti jika kita selalu mendirikan sholat dan selalu mengingat Allah...kira-kira seperti itu yang saya tangkap.

Dengan musik yang sederhana, letto mampu menyisipkan makna-makna religi dalam setiap bait liriknya..ini adalah sebuah musik nasyid modern yang dibawakan dengan cirikhas mereka, moga-moga dengan mendengar lagu mereka kehidupan kita menjadi lebih baik dengan selalu "berkendara" dijalan lurus, jalan yang dirihoi Allah SWT.. AMIN!!

0 Bloody comment..: